Shani Budi: Let’s Talk About Sri Asih! The History & The Origin.

Shani Budi: Let’s Talk About Sri Asih! The History & The Origin.

JAKARTA – RakyatBumilangir.com | Sri Asih adalah karya pertama dari Bapak Komik Indonesia, alm.R.A. Kosasih, yang diterbitkan pada tahun 1954. Sri Asih sebenarnya adalah Nani Wijaya, seorang gadis dari keluarga yang kaya raya, tapi dia adalah reinkarnasi/titisan dari Dewi Sri.

Nani adalah gadis yang lugu, bukan gadis yang populer dan sering dijadikan olokan oleh teman-temannya, tidak ada yang tau kalau dia bisa berubah menjadi ‘Sri Asih’, bahkan orangtuanya sekalipun. Dia hanya perlu meneriakkan kalimat “Dewi Asih!” Lalu dia bisa berubah jadi Sri Asih.

Saat berubah jadi Sri Asih, Nani punya kekuatan super-human strength, close-combat fighting dan bisa terbang, dia juga punya kemampuan untuk menggandakan diri dan menjadi raksasa.

Sri Asih ini superhero Indonesia yang pertama, karena diciptakan tahun 1953, sedangkan Gundala dan Godam baru tahun 60-an.

Kalo Gundala punya Pengkor sebagai musuh bebuyutannya, Sri Asih punya musuh bebuyutan bernama Serigala Hitam.

Sama kayak Gundala yang pernah difilmkan, Sri Asih juga pernah difilmkan, bahkan ini jadi film Superhero pertama milik Indonesia sutradaranya Turino Djunaidy dan Tan Sing Hwat dan Sri Asih diperankan Mimi Mariani.

Jadi ini adalah pitch gue untuk Sri Asih versi Jagat Sinema Bumilangit yang diperankan sama Pevita Pearce, kebayang elemen mistis, mitos dan supranatural-nya bisa banget ditonjolkan terutama dari daerah Jawa, bisa memperkanalkan sejarah pewayangan juga khusunya Dewi Sri.

Sumber

Bantu sebarkan ke Rakyat yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*